4/19/2015

Pack your bags and go!

Thank God, setelah sebegitu lamanya ter'kerangkeng' sama sibuknya sekolah, extras, dan events yang rajin mendelay kepulangan ke rumah hingga maghrib, I HAD A GREAT-FIVE-DAYS-FULL-OF-STROLLING-SINGAPORE-AND-MALAYSIA'S-CITY VENUES!

Udah lama dan jarang banget liburan sama keluarga without any work or school distractions jadi alasan utama liburan ini direncanakan. Alasan pendukungnya karena mungkin mama saya sadar kalau dalam waktu dekat saya nggak dibantu kabur dari daily activities, I would turn into a robot with panda eyes and zombie walk.

Ucapan terimakasih sebesar-besarnya ke mama tercinta yang mengorganized seluruhnya sampai yang butuh saya lakuin cuma bilang, 'Iya!', kosongin jadwal, pack my bags, and goooo! :)

It's a packed 5 days 4 nights trip dengan paket backpacker, dan saya akan mencoba untuk menceritakannya selengkap dan seinformatif mungkin, barangkali bisa jadi salah satu referensi bagi kalian yang berencana lari dari kenyataan kesibukan.

So selama disana, there are a few things that I wish I know before I set out to Singapore and Malaysia, and those are:

PREPARATIONS
1. Only bring two bags. Preferably satu koper ukuran sedang dan satu backpack kecil. Selain lebih enak dan gampang dibawa, juga nggak akan bikin badan cepat lelah. Prakteknya, kopernya ditinggal di kamar, dan backpack jadi wadah payung, minum, dompet, hape, power bank and other stuffs saat jalan-jalan keluar.

Sebenarnya tas selempang bisa nggantiin fungsi backpack, tapi untuk jalan-jalan yang intens keliling kota, bawa backpack will be less tiring karena tas selempang tumpuannya cuma satu bahu.

2. You can still be freaking stylish with minimum clothes! Ingat, tujuannya liburan, bukan mau show. We're going to walk on streets not cat walks. Buat 5 days 4 nights kemarin saya bawa:
- 2 celana buat pergi (satu dipakai di badan, dengan satu celana buat dua/tiga hari) Lebih baik bawa jeans. Walau agak berat, tapi nggak cepet kotor.
- 5 baju (satu baju/hari)
- 1 set baju tidur (kaos & celana tidur) 
- 1 of your favorite comfy sweater/jacket yang langsung dipakai di badan.
- 3 comfortable socks (satu kaos kaki/dua hari)
Buat footwear, flat shoes or crocs are okay, tapi amannya pakai sepatu olahraga, bebas lecet dan lebih kerasa greget travellingnya! :)

3. Things that you should borrow: obat pegal, such as counterpain because chances are in most of the time you'll be walking, using MRT or buses, dan terlalu  semangat buat sight seeing, foto-foto dan belanja. You'll realized how tired your body is at the end of the day | decent camera | vitamin C, untuk meminimalisir kemungkinan daya tahan tubuh menurun | payung | power bank | tissue basah | pulpen, karena nanti akan ada beberapa form yang harus diisi saat menuju imigrasi bandara | mie instan cup, cause who knows entah karena waktu yang mepet, atau belum nemu makanan yang pas, mie instan is your hero!

4. Make a list, orang-orang yang akan kamu beri oleh-oleh. Well i suggest you write down peoples that you really care about biar listnya nggak terlalu panjang dan liburan nggak terganggu karena terlalu sibuk nyari oleh-oleh buat banyak orang :)

You should know that di pemeriksaan bawaan di bandara, liquids lebih dari 100ml nggak boleh dibawa, bahkan air minum sekalipun harus dihabiskan/dibuang sebelum berangkat.
Why? Well keluarga saya punya dua teori. Kalau menurut Ayah saya, itu karena beberapa gembong teroris sudah bisa membuat bahan explosive dari cairan. Sementara Ibu saya, menganggap itu hanya trik jahat agar para penumpang membeli minum di dalam pesawat yang pastinya harganya lebih mahal daripada di luar. Nggatau deh mana yang bener...

AT YOUR HOLIDAY LOCATION
1. Di Singapura lumayan banyak wifi gratis yang lancar jaya bertebaran di mall & penginapan. Sementara itu, kalau mau tetep eksis di media sosial selama liburan di Malaysia, lebih baik beli kartu internet karena wifi di Malaysia tidak terlalu banyak & kalaupun ada koneksinya kurang.
Tapi kalau mau lebih hitz lagi, lebih baik nggakusah mengaktifkan HP and all communication devices :) Nggak ada yang lebih nyebelin daripada dapet chat yang isinya 'Kemana lo?' 'Oleh oleh woy!' 

atau

'Nanti ada rapat di ruang XXX wajib dateng ya!' 'Ini job descnya gimana, Mbak? Udah ditagihin sama acara'

...padahal lo baru pulang beberapa hari lagi.

Persilahkan dirimu untuk lepas sejenak dari semua hal-hal itu. The concept is to Work Hard, Play Hard. Kalo liburan ya maksimal liburan, kalau kerja ya maksimal kerja :)
 

2. Jangan terlalu nafsu belanja sampai nggak selektif :) Yang namanya ke negara yang lebih maju dari negara sendiri ya harga barang disana lebih mahal. Pintar-pintarlah atur strategi. Seringkali ada dua tempat belanja dengan dua barang identik yang salah satunya menjual dengan harga yang lebih murah. Kalau punya waktu, sempatkanlah buat mengunjungi lebih dari satu tempat belanja & cari referensi untuk mendapat barang yang banyak dan oke dengan uang yang seminimal mungkin.
 
3. Puas puasin foto & narsis, manfaatkan waktu liburan semaksimal mungkin sebelum balik ke rutinitas :) Pengen nyobain makanan khas di negeri tersebut? Try it! Penasaran sama suatu tempat wisata disana? Go for it! Don't waste your time.

No comments: