8/02/2013

Warrior.


What is a warrior to you? Moreover, Who is?

Seseorang dengan kekuatan super? Seseorang yang berjubah dan suka melintas di langit sana? Seseorang yang melawan ketidakadilan? Seseorang yang rela babak belur demi melindungi orang yang dicintainya? Atau mereka yang menyelamatkan dunia? Atau bahkan, tokoh tokoh imajiner dalam cerita fiksi yang kalian harapkan keberadaannya di realita?

Mungkin kalian tidak akan menemukan Superman terbang ketika sedang mendongak ke atas sana secara tak sengaja. Atau kebetulan melihat Iron Man tiba tiba berguling dihadapanmu, sibuk menghantam musuh. Sementara, kehadiran Spiderman rasanya agak agak mustahil walau hanya untuk sekedar numpang lewat dalam hidupmu. Captain America, Black Widow, Personil X - Men, Hulk, just name it, sepertinya terlalu sibuk beraksi menyelamatkan dunia fiksi mereka.

Lantas, apakah dunia sebesar ini benar benar tidak ada pahlawan?


Kurasa, kita semua terlalu sibuk mencari para pahlawan di langit sana hingga tidak menyadari bahwa sesungguhnya mereka sudah ada, bahkan beberapa sejak dulu berdiri tegak melindungi kita.

Berhenti mencari cari, mulailah untuk mengamati. Tak perlu jauh jauh, cukup disekitar saja.

Dont always look up, sometimes you should look around.

Ayah yang selalu berusaha memenuhi keinginan kalian, tak peduli sulit atau tidak. Ibu yang sigap mengurusi keluarga, rumah tangga, serta kalian, tak pernah bertanya balasan yang memang pantas diterimanya. Adakah, sahabat kalian yang langsung siap mendengarkan ketika kalian bercerita? Atau mereka yang rela menunda kesibukan untuk membuat kalian kembali tersenyum?

Bagaimana dengan yang diluar sana? Di tengah semerawutnya zaman, lihat.. Ibu ibu yang bekerja serabutan, agar bayinya mungkin bisa berhenti menangis dengan segelas susu hasil jerih payah seharian. Atau para buruh bangunan yang bekerja dibawah terik matahari dan tuntunan waktu sempit, semata mata untuk putri kesayangannya yang butuh sepatu sekolah baru. Atau para dermawan, yang suka membagikan hartanya, tanpa sedikitpun terpikir meminta pamrih. Dan disana, anak anak muda dengan semangat layaknya api yang tersulut memperjuangkan apa yang mereka rasa benar. Kemudian para penderita penyakit serius, tapi tetap memegang harapan untuk sembuh.

Walau berat, mereka tetap berjalan. Karena mereka percaya, mereka mengejar yang benar, dan mereka melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Mereka mengacuhkan takut, karena yang diperjuangkan lebih besar daripada rasa takut mereka.

Mungkin mereka tak menyelamatkan dunia, tapi setidaknya mereka bisa menciptakan senyum disekitarnya.

Berkaca pada mereka, pahlawan sebenarnya di dunia nyata. Tidak butuh jubah, tidak butuh uang, tidak butuh kekuatan super. 

Karena orang lain terlalu sibuk mengurusi masalah hidup mereka, dan terlalu sibuk pula mencari cari bantuan. Dont be like them. Start becoming a hero for yourself, and you will inspire others to be like you.

Jadilah pemimpin yang adil, jadilah pembaharu, jadilah duta remaja, jadilah pasukan anti bullying, jadilah sukarelawan, jadilah pembawa senyum, jadilah penghapus air mata, jadilah seorang teman yang baik, anak yang berbakti. Mulailah peduli dengan apa yang dulu diacuhkan. Sebarkan semangat. Jadilah orang yang menginspirasi dari tindakan dan kata kata kalian. Bangkit ketika dunia menghantam keras.

and there you go, a hero.

And then a hero comes along
With the strength to carry on
And you cast your fears aside
And you know you can survive
So when you feel like hope is gone
Look inside you and be strong
And you'll finally see the truth
That a hero lies in you
Mariah Carey

my warrior? My Mom, my Dad and myself. 
and the strength to be it? As always, my beloved family and friends.

No comments: