6/26/2013

To Create is To Destroy.

Pernah kepikiran untuk merusak sebuah buku, dengan berbagai macam cara, seperti melemparnya dari ketinggian, menumpahkannya dengan kopi, mencoret coretnya hingga halaman penuh, hingga menyiletnya dengan pisau? Well, buku yang satu ini bakal membuat kalian semua melakukan hal itu.

(Kanan, ketika masih baru. Kiri, ketika sudah di 'rusak')

Satu karya keren dan lumayan gila dari ilustrator terkenal Keri Smith, Wreck This Journal! Judulnya aja udah membuat mata kita menyipit sedikit karena heran, ya maklum saja. Jika di terjemahkan ke Bahasa Indonesia, judul buku berisi perintah jelas, 'Rusakkan Buku Ini!' Jadi kita mahal mahal beli, untuk dirusak doang? Ooh, tidak sesimpel itu, kawan! Jurnal ini akan membuat kita 'merusakkan' buku dengan cara cara kreatif dan gak biasa.

Ketika pertama memegang, jurnal ini terlihat lazim dengan buku buku lainnya. Rapi, bersih, polos, kosong, hanya berisi beberapa tulisan hitam yang berisi berbagai perintah dan instruksi hingga akhirnya benar benar 'rusak' oleh karya dan aksi kita sendiri.

Awal yang dibuka dengan tata cara penggunaan jurnal.

Menyiletnya dengan sesuatu yang tajam...

 Melemparkannya dengan cat...

 Membasahinya...

 Dan masih banyak lagi...













Saya setuju banget dengan slogan, 'To Create is To Destroy' nya Keri. Itulah mengapa kata 'merusak' selalu saya beri tanda kutip. Karena sebenarnya kita tidak benar benar merusak buku, kita membuat sebuah karya seni. 

Karena proses membuat seni tak selalu dengan aturan baku, tak harus rapi dan tertata, dan karena proses 'merusak' tak selalu membuat sesuatu menjadi tambah buruk :)

Kalian tertarik? Oh I dont know about you, but yang pasti, di detik ini saya udah tahu apa yang bakal jadi the most wanted things di daftar keinginan saya tahun ini hihi.

No comments: